Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 6, No. 3 (Juli 2022)

Urgensi Metode Hypnoparenting Dalam Mendidik Anak Usia Dini

Fathor Rakhman (STKIP PGRI Situbondo)
Emy Yunita Rahma Pratiwi (Universitas Hasyim Asy’ari Jombang)
Irma Darmawati (Universitas Pendidikan Indonesia)
Muliyanti Muliyanti (STIQ Rakha Amuntai)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2022

Abstract

Isu tentang pengasuhananak menjadi isu yang sering dibicarakan belakangan ini. Hal ini disebabkan adanya masa pandemi yang kemudian membuat tugas orangtua yang lebih dominan menjadi pencari nafkah menjadi orangtua sesungguhnya yang juga sebagai pendidikan bagi anak-anaknya. Salah satu alasan yang melatarbelakangi penulisan artikel ini adalah rendahnya pengetahuan orang tua tentang pola pengasuhan anak dengan menggunakan metode hynoparenting. Penelitian ini menggunakan penelitian Library Research dengantekhnik pengumpulan data menggunakan ragam literatur sebagai pusat penelitian yang kemudian dianalisis menggunakan content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode hypnoparenting ini sangat penting digunakan dalam mendidik anak usia dini karena dapat membantu orang tua dalam mengembangkan potensi yang dimiliki dan dengan metode tersebut juga dapat memberikan kesempatan bagi anak untuk mengembangkan karakter mulia dengan bimbingan orang tua sehingga menghindarkan anak dari perilaku menyimpang. Hasil penelitian ini berkontribusi terhadap pola pengasuhan anak dengan menggunakan ragam metode yang salah satunya adalah metode hypnoparenting, sehingga orangtua bisa menggunakan atau memodifikasinya sesuai dengan keperluan dan karakteristik pengasuhan di rumah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...