Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 6, No. 2, April 2022

Problematika Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Lembaga Pendidikan Islam di Tengah Komunitas Minoritas Muslim (Studi di MIN 1 Minahasa)

Hadirman Hadirman (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2022

Abstract

Problematika karakter bangsa di kalangan peserta didik akhir-akhir ini cukup mengkhawatirkan. Selain itu pengaruh budaya asing yang masuk di negara kita dapat mempengaruhi karakter bangsa. Pendidikan karakter memegang peranan penting dalam mewujudkan kualitas pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan problematika pendidikan budaya dan karakter bangsa di MIN 1 Minahasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deksriptif-kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika pendidikan budaya dan karakter karakter siswa di MIN 1 Minahasa dilihat pada faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung pembentukan karakter siswa di MIN 1 Minahasa yakni dukungan guru, orang tua, dan lingkungan masyarakat di sekitar madrasah. Sementara itu, faktor penghambatnya yakni masih ada sebagian kecil orang tua yang tidak peduli dengan anaknya, beragamnya karakter siswa, dan dampak lingkungan peserta didik yang kurang baik. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...