Journal for Lesson and Learning Studies
Vol 5, No 1 (2022): April

Pengembangan Media Video Animasi Pada Pokok Bahasan Sistem Tata Surya Muatan Ilmu Pengetahuan Alam Berorientasi Problem Based Learning

Putri, Arlinda Gautama (Unknown)
Ganing, Ni Nyoman (Unknown)
Kristiantari, Maria Goreti Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2022

Abstract

Hasil belajar menjadi tolak ukur pemahaman siswa terhadap pembelajaran di dalam kelas. Rendahnya hasil belajar siswa menandakan rendahnya pemahaman siswa dapat disebabkan oleh kurangnya semangat dan minat siswa dalam proses pembelajaran.  Untuk meningkatkan semangat dan minat siswa perlu dikembangkannya sebuah media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video animasi pada pokok bahasan sistem tata surya muatan ilmu pengetahuan alam berorientasi problem based learning kelas VI. Penelitian ini melibatkan ahli isi pembelajaran, ahli desain, ahli media, dan siswa kelas VI SD Negeri 4 Gubug. Untuk dapat mengembangkan media pembelajaran yang bermanfaat, penelitian ini menggunakan acuan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan angket. Data yang diperoleh dianilisis menggunakan statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui persentase kelayakan produk. Dari hasil analisis data yang telah dilakukan, media video animasi ini dinyatakan layak. Pernyataan ini didasari oleh hasil penilaian uji ahli isi pembelajaran sebesar 90%, hasil penilaian uji ahli desain pembelajaran sebesar 90%, hasil penilaian uji ahli media pembelajaran sebesar 90,62%, dan hasil penilaian uji coba perorangan sebesar 93,74%, serta hasil penilaian uji coba kelompok kecil sebesar 93,51%. Berdasarkan hasil penilaian, media video animasi yang dikembangkan oleh peneliti dikategorikan sangat baik sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembangan media video animasi pokok bahasan sistem tata surya muatan ilmu pengetahuan alam berorientasi Problem Based Learning pada siswa kelas VI efektif dalam pembelajaran kelas VI sekolah dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JLLS

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes ...