EJoES (Educational Journal of Elementary School)
Vol 3, No 1 (2022): Educational Journal of Elementary School (EJoES)

Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Bertanya Melalui Pembinaan Guru Oleh Kepala Sekolah

Sefniwan Harefa (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2022

Abstract

Penelitian tindakan sekolah difokuskan kepada sejumlah guru yang mengajar di SMP Negeri 6 Idanogawo Kabupaten Nias sebagai subjek penelitian berjumlah 9 orang, sebagai perwakilan dari anggota SMP Negeri 6 Idanogawo Kabupaten Nias tersebut. Tujuan penelitian tindakan sekolah ingin meningkatkan kemampuan para guru menggunakan metode tanya jawab dalam pelaksanaan pembelajaran matematika di sekolah. Instrumen penelitian menggunakan observasi, hasil pembinaan bentuk evaluasi tulisan yang dipakai mengukur perubahan kemampuan guru setelah mendapat pembinaan pada siklus I dan II. Setelah dilakukan pembinaan, modeling dari Kepala Sekolah. Simulator sesama guru dapat dilihat kemampuan guru pada siklus I mencapai 76 mendekati rata-rata 80. Untuk perbaikan kemampuan guru pada siklus II dilakukan pembinaan ulang oleh Kepala Sekolah melalui modeling, simulator dan akhir siklus II dilakukan evaluasi tes kemampuan dapat mencapai target keberhasilan 83. Berdasarkan hal ini tindakan pembinaan Kepala Sekolah penguasaan metode tanya jawab pada guru mata pelajaran telah baik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

EJoES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

EJoES (Educational Journal of Elementary School) is an electronic journal that publishes original research papers, review articles by invited experts, and novel technology news related to Elementary School. EJoES has served researchers, teacher educators, and practitioners in the elementary since ...