Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
Vol 7, No 1 (2022): Februari 2022

KAMPUNG KB DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN PENDUDUK (Studi Di Gampong Doy, Kecamatan Ulee Kareng, Kota Banda Aceh)

Muhammad Alfathir Akbar (Universitas Syiah Kuala)
Khairulyadi Khairulyadi (Universitas Syiah Kuala)
Firdaus Mirza Nusuary (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini berjudul “Kampung KB Dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Penduduk (Studi Di Gampong Doy, Kecamatan Ulee Kareng, Kota Banda Aceh)”. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus. Untuk menganalisa fenomena tersebut, peneliti menggunakan teori Kebijakan Sosial James Midgley. Dalam menentukan informan penelitian, peneliti menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil yang ditemukan dari penelitian ini bahwa kebijakan sosial dalam penelitian ini terdapat tiga indikator yaitu; Pencegahan (preventif) yang dimaksud disini yaitu masalah sosial yang terjadi di Gampong Doy yaitu kemiskinan yang sangat sulit untuk diatasi persoalannya. Pemerintah menawarkan suatu kebijakan yang dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu program Kampung KB. Setelah pencegahan masalah kemiskinan di Gampong Doy, adanya proses penyembuhan (kuratif) yang mana pada proses ini meliputi kegiatan yang dijalankan melalui program Kampung KB di Gampong Doy dari berbagai bidang baik itu bidang keagamaan, pendidikan, reproduksi, ekonomi, perlindungan, kasih sayang, sosial budaya, dan pemeliharaan lingkungan. Pengembangan program Kampung KB ini meliputi hasil pengawasan dan evaluasi program dari pihak BKKBN kepada Gampong Doy yang dilakukan Tiga bulan sekali, kemudian dalam proses berjalannya program Kampung KB adanya kerjasama yang dibangun dengan berbagai instansi pemerintah yang meliputi diantaranya kerjasama dengan Diskucapil, Dinas Dayah Kota Banda Aceh, DISPORA, Dinas Kesehatan, dan BNN. Kunci Utama: Program Kampung KB, Kebijakam Sosial. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

FISIP

Publisher

Subject

Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

JIMFISIP menerbitkan artikel ilmiah mahasiswa dari delapan Program Studi, yaitu Prodi Sosiologi, Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Ilmu Politik dan Prodi Ilmu Pemerintahan. JIMFP terbit satu volume dan empat nomor dalam setahun, yaitu bulan Februari, Mei, Agustus dan ...