Pendahuluan : Masa pandemi memerikan perubahan besar pada sektor pendidikan. Pembelajaran daring merupakan pilihan yang terbaik dan aman. Hal ini memberikan pengaruh besar terhadap kepuasan peserta didik. Tingkat kepuasan yang baik memberikan korelasi yang sIgnifikan terhadap prestasi mahasiswa. Faktor yang mempengaruhi kepuasan selama pembelajaran daring merupakan kunci sukses keberhasilan proses belajar. Tujuan: Tujuan penelitian adalah menganalisis faktor yang mempengaruhi kepuasan belajar mahasiswa kesehatan pada pembelajaran daring. Metode : Penelitian ini menggunakan pendekatan crossectional dengan populasi yang berjumlah 474 mahasiswa, jumlah sampel adalah 237 mahasiswa terdiri dari mahasiswa Diploma Keperawatan dan Kebidanan, Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners. Penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling. Alat ukur menggunakan kuesioner karakter mahasiswa Nopita (2018), critical thinking dari Lunney (2019). Sedangkat kuesioner tingkat kepuasan pembelajaran dari Fieger 2012. Hasil: . Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejumlah 185 (78%) mahasiswa mengalami kepuasan selama pembelajaran online. Adapun faktor yang mempengaruhi adalah karakter mahasiswa dengan nilai p=0.009, critical thinking p=0,003 dan profesionalisme pengajar p=0.030. critical thinking mahasiswa merupakan faktor penting yang mempengaruhi kepuasan dalam pembelajaran daring. Kesimpulan: Dalam proses pembelajaran hybrid learning pasca pandemi diharapkan sikap tanggung jawab, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, komunikatif disiapkan dengan baik sehingga kepuasan akan semakin bisa ditingkatkan dan hal ini akan berdampak pada prestasi mahasiswa
Copyrights © 2022