JURNAL TUGAS AKHIR MAHASISWA
Vol. 4 No. 2 (2021): JURNAL LOCANA

KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN DARING PESERTA DIDIK KELAS VIII-A SMPN 13 BANJARMASIN

Radiah (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)
Muhammad Rafiek (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)
Lita Luthfiyanti (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil kemampuan menulis teks eksplanasi menggunakan video pembelajaran daring peserta didik kelas VIII-A SMPN 13 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sumber data penelitian ini, yaitu kelas VIII-A berjumlah 28 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa tes untuk memperoleh data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik menulis teks eksplanasi ada 2 (7,1%) orang yang sangat tidak mampu, ada 3 (10,7%) orang yang tidak mampu, ada 15 (53,6%) orang yang mampu, dan ada 8 (28,6%) orang yang sangat mampu. Dari empat kategori tersebut, ada 23 (83%) orang yang mampu dan ada 5 (17%) orang yang tidak mampu. Berdasarkan perolehan tersebut, dapat diketahui bahwa kemampuan menulis teks eksplanasi peserta didik termasuk mampu.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JTAM

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Arah riset yang dilakukan antara lain menyentuh ranah kebahasaan, kesastraan, keterampilan berbahasa, serta bahasa dan sastra Indonesia secara umum. ...