Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan
Vol 9, No 2 (2021)

ENSHI (Ensiklopedia Sistem Hukum Adat Indonesia) sebagai media literasi budaya pada pembelajaran PKn

Tarekh Febriana Putra (Universitas Pendidikan Indonesia)
Tasya Mutiara Budianto (Universitas Pendidikan Indonesia)
Sarah Raudlatul Aulia (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dwi Gita Cahyanurani (Universitas Pendidikan Indonesia)
Rizal Maulana Yusuf (Universitas Pendidikan Indonesia)
Sri Wahyuni Tanshzil (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2022

Abstract

Artikel ini menguraikan peran ENSHI (Ensiklopedia Sistem Hukum Adat Indonesia) yang disajikan dalam bentuk website sebagai media pembelajaran dan uraian hasil penelitian terhadap pengukuran uji kelayakan ENSHI sebagai media literasi budaya pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Adapun pengukuran kelayakannya meliputi pengukuran kelayakan dalam sudut pandang konten materi dan sudut pandang media. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mix method) dengan pengolahan data secara deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui pengisian kuesioner instrumen penelitian oleh sampel penelitian, yaitu ahli materi hukum adat dan ahli media pembelajaran yang dipilih melalui metode purposive sampling. Prosedur penelitian yang dilakukan yaitu sebagai berikut. Pertama, membuat ENSHI sebagai media pembelajaran. Kedua, mengukur kelayakan materi dan kelayakan media ENSHI sebagai media pembelajaran yang meliputi kelayakan materi dan kelayakan media. Adapun skor hasil pengukuran terhadap kelayakan materi yaitu 94,15%, sedangkan kelayakan media yaitu 79,85%. Hasil pengukuran tersebut kemudian dianalisa secara deskriptif untuk mendapatkan kesimpulan penelitian.

Copyrights © 2021