Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan
Vol 9, No 2 (2021)

Pengaruh penggunaan media berbasis video pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar PPKn di masa pandemi

Zulfa Miftahul Azizah (Prodi PPKN Universitas PGRI Madiun)
Budiyono Budiyono (Prodi PPKn Universitas PGRI Madiun)
Indriyana Dwi Mustikarini (Prodi PPKn Universitas PGRI Madiun)
Yohanes Widyastanto (Prodi PPKn Universitas PGRI Madiun)
Teja Insyaf Sukariyadi (Prodi PPKn Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2022

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMP IT Subulul Huda kembangsawit Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun, diketahui bahwa dalam kegiatan pembelajaran dimasa pandemic covid-19 saat ini guru menggunakan media video pembelajaran agar lebih memudahkan siswa memahami materi ditengah keterbatasan yang ada. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP IT Subulul Huda yang berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa kelas VII A dan 20 siswa kelas VII B. penentuan pengambilan smpel dalam penelitian ini menggunakan Teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket/kuesioner yang diberikan kepada siswa. Serta Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada siswa kelas VII SMP IT Subulul Huda Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2020/2021, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar PKN siswa kelas VII SMP IT Subulul Huda Kabupaten Madiun. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji coba α = 5% ????ℎ???????????????????? (8,911)  ???????????????????????? (1,686).

Copyrights © 2021