AbstractPenelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di SMP Negeri 4 Lubuk Pakam menunjukkan kurangnya pemahaman siswa tentang keterampilan belajar. Melalui layanan penguasaan konten dengan teknik Modelling dapat mempengaruhi pemahaman siswa tentang keterampilan belajar. Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan layanan penguasaan konten dengan teknik modelling yang efektif untuk memberikan pemahaman tentang keterampilan belajar pada siswa di SMP Negeri 4 Lubuk Pakam. Hasil perhitungan uji validitas menyatakan bahwa variabel Y 35 item pernyataan yang valid dan reliabel dengan total 40 pernyataan. Diperoleh r-hitung = 0,449 dan t-tabel = 0,404 sehingga t-hitung > t-tabel maka dikatakan Valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan penguasaan konten dengan teknik Modelling berpengaruh terhadap pemahaman siswa tentang keterampilan belajar pada siswa di SMP Negeri 4 Lubuk Pakam. Hal ini dapat dilihat daridata pre-test dan post-test dimana hasil dari pre-test diperoleh MO = 60,16 dan Mi = 47,5 sedangkan hasil dari post-test diperoleh diperoleh MO = 131,458dan Mi = 26,5. Kata kunci: Penguasaan Konten, Keterampilan Belajar
Copyrights © 2022