JURNAL PERSPEKTIF ADMINISTRASI DAN BISNIS
Vol. 2 No. 1 (2021)

PEMANFAATAN E-LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DALAM MENDUKUNG PPROSES PEMBELAJARAN MASA PANDEMI COVID-19 (CASE STUDY PADA JURUSAN AKUNTANSI POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK)

Linda Suherma (Politeknik Negeri Pontianak)
Rizki Adithya (Politeknik Negeri Pontianak)
Yani Riyani (Politeknik Negeri Pontianak)
Kartawati Martdiah (Politeknik Negeri Pontianak)
Oscar Rynandi (Politeknik Negeri Pontianak)
Wahyudi (Politeknik Negeri Pontianak)
Rudi Tandra (Politeknik Negeri Pontianak)
Sulaiman (Politeknik Negeri Pontianak)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Pemanfaatan pembelajaran e-learning sangat efektif khususnya di masa pandemi COVID-19. Hal tersebut terkait dengan adanya kebijakan dari pemerintah pusat yang secara beruntun menetapkan status siaga, darurat bencana, hingga pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Tujuan dilakukannya pertama, hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar untuk pengembangan dan penyempurnaan e-learning di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak. Kedua, hasil penelitian ini dapat dijadikan pihak jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak dalam mengembangkan model pembelajaran jarak jauh (distance learning). Alat pengumpulan data pada penelitian ini yakni menggunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Sampel penyebaran kuesioner dilakukan dengan menggunakan snowball sampling. Hasil dari penelitian ini disimpulkan pembelajaran melalui e-learning dalam hal pengunaan aplikasi sudah dapat dilakukan oleh mahasiswa namun penguasaan materi dinilai cukup. Dari hal tersebut, dilakukan inisiatif dalam menyusun modul pembelajaran berbasis multimedia yakni modul ajar mata kuliah Sistem Informasi Akuntansi (untuk mata kuliah teori) dan Akuntansi Keuangan Menengah (untuk mata kuliah praktik). Pada pembelajaran e-learning yakni dengan memanfaatkan whatsapp Group untuk pemberian info link deskripsi ke GoogleClassroom serta memanfaatkan aplikasi flipbook.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpab

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Perspektif Administrasi dan Bisnis is an open access journal and peer-reviewed that publishes either original article or reviews. This journal focuses on: Marketing, Human Resources, Financial, Management Information System, Entrepreneurship, Operation Management, Consumer Behavior, Service ...