Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 9, No 1 (2022): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

STRATEGI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING DI SEKOLAH MIN 7 LANGKAT

Kahar Mashuri (STKIP Al Maksum)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2022

Abstract

Abstrak : Riset ini bertujuan buat mengenali Proses, Penerapan serta hasil Nilai perencanaan pelaksanaan strategi pendidikan IPS lewat Pelaksanaan Model Role Playing dalam tingkatkan prestasi hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran IPS MIN 7 Langkat yang terletak di Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat, dan hambatan dalam pelaksanaan strategi pendidikan IPS melalui Pelaksanaan Model Role Playing dalam tingkatkan prestasi hasil belajar siswa kelas VI serta berikutnya upaya yang ditempuh buat menanggulangi kendala- hambatan dalam mempraktikkan strategi pendidikan IPS melaluiĀ  Pelaksanaan Model Role Playing dalam tingkatkan prestasi hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran IPS di MIN 7 Langkat. Ada pula tata cara yang digunakan dalam riset ini ialah riset kualitatif. Metode pengumpualan informasi ialah dengan metode observasi, interview/ wawancara serta dokumentasi.Sebagian tahapan riset ini berbentuk tingkat yang meliputi perencanaan, penerapan, pengamatan, serta refleksi. Hasil riset meyakinkan kalau strategi pendidikan IPS memaluiĀ  penerapan Model Role Playing bisa tingkatkan prestasi siswa dalam pelajaran IPS kelas VI MIN 7 Langkat. Hasil observasi di lapangan menampilkan kalau dari sesi I, sesi II, serta sesi III nampak terjalin pergantian yang signifikan pada proses pendidikan IPS. Perihal ini bisa dibuktikan dengan pergantian kedatangan ataupun prestasi yang tiap harinya kian bertambah, ditambah siswa lebih aktif serta bergairah dalam proses pembalajaran IPS. Kata kunci:Strategi Pembelajaran, Model Role Playing

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Other

Description

Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret ...