Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia
Vol 17, No 2 (2021)

Motivasi siswa sekolah menengah atas dalam mengikuti pembelajaran daring PJOK materi atletik

Eddy Purnomo (Universitas Negeri Yogyakarta)
Aulia Matin (MTs Al Ma'
had An Nur)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2021

Abstract

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang baru satu tahun lalu diperkenalkan dan dilaksanakan oleh sekolah-sekolah di Indonesia baik dari tingkat TK, sampai Keperguruan Tinggi karena adanya pandemic covid-19, oleh karena itu bila dilihat dari  hasil pembelajaran terutama hasil tugas –tugas yang diberikan oleh guru PJOK untuk materi atletik kepada siswa, tampak belum mengembirakan hasilnya, terutama dari hasil ujian tengah semester. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya motivasi siswa Sekolah Menengah Atas dalam mengikuti pembelajaran Daring PJOK materi atletik. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian survai dan teknik pengambilan data secara angket. Populasi penelitian ini adalah semua siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pleret yang telah mempelajari materi atletik dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling.  Kelas yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah siswa kelas XII  berjumlah 120 orang. Teknik analisa data menggunakan dekskriptif dengan teknik persentase. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa besarnya motivasi siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pleret yang mengikuti daring dengan materi atletik berada pada kategori sedang dengan persentase 40,83 %,  kategori rendah persentase 30 %,   kategori tinggi persentase 16,67 %, kategori sangat tinggi persentase 9,17 %, dan kategori sangat rendah dengan persentase 3,33%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah motivasi siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pleret dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 40,83 %. Abstract: Online learning is learning that was only introduced one year ago and implemented by schools in Indonesia, from the Kindergarten to Higher Education levels because of the COVID-19 pandemic, therefore when viewed from the learning outcomes, especially the results of the assignments given by the PJOK teacher for athletic material to students, it seems that the results are not happy, especially from the results of the midterm exams. The purpose of this study was to determine the level of motivation of high school students in participating in online learning PJOK athletic material. The research design used in this research is descriptive quantitative research with survey research methods and questionnaire data collection techniques. The population of this study were all students of State Senior High School 1 Pleret who had studied athletic material using the purposive sampling technique. The class selected as the research sample were 127 class XII students. The data analysis technique is descriptive with the percentage technique. The results showed that the level of motivation of State Senior High School 1 Pleret students who took part online with athletic material was in the medium category with a percentage of 40.83%, the low category with a percentage of 30%, a high category with a percentage of 16.67%, a very high category with a percentage of 9, 17%, and the very low category with a percentage of 3.33%. The conclusion of this research is that the motivation of the students of State Senior High School 1 Pleret is in the medium category with a percentage of 40.83%.

Copyrights © 2021