Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Vol. 11 No. 01 (2022): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan

PENGARUH PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF (STUDI KASUS PT. ASTRA OTOPARTS, TBK PERIODE 2018-2019)

Ukky Rizal Setyo Hadi (Politeknik Piksi Ganesha)
Ramayani Yusuf (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2022

Abstract

Abstrak Berdasarkan kegiatan penelitian tersebut, dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perputaran piutang terhadap profitabilitas pada perusahaan otomotif dengan studi kasus PT. Astra Otoparts, Tbk pada tahun 2018-2019. Berdasarkan data laporan keuangan yang berasal dari PT. Astra Otoparts, Tbk yang menjadi bagian dari bursa efek periode 2018-2019. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif komparatif dimana didalam aspek tersebut akan mengangkat suatu relasi yang bersifat adanya penyebab serta dampak yang ditimbulkan terhadap masing-masing variabel yang digunakan dalam proses penelitian, variabel x dalam penelitian ini yaitu perputaran piutang dan variabel y yaitu profitabilitas. Berdasarkan hasil analisis menjelaskan bahwa perputaran piutang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap return on asset, yang artinya jika perputaran piutang mengalami peningkatan maka akan sebanding lurur dengan peningkatan return on asset. Perputaran piutang memiliki hubungan dan pengaruh yang kuat terhadap return on asset sebesar 92.7% dan sisanya 7.3% adalah faktor lain.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mankeu

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu) merupakan jurnal yang dapat di akses secara terbuka yang diterbitkan secara periodic tiga kali dalam setahun dengan periode April, September dan Desember. Mankeu menerima naskah secara nasionala dan local dari peneliti, akademisi, praktisi dan ...