Pandemi covid-19 menyebabkan mahasiswa tidak bisa mengakses langsung sumber belajar buku di perpustakaan kampus, maka perlu alternatif lain dalam hal literasi untuk menunjang pembelajaran. Penelitian ini bertujuan bagaimana pelaksanaan literasi digital mata kuliah pembelajaran terpadu program studi teknologi pendidikan. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian implementasi literasi digital merupakan hal penting menunjang proses belajar. Mata kuliah pembelajaran terpadu program studi teknologi endidikan universitas pendidikan mandalika pada proses pembelajaran e-learning menerapkan literasi digital. Karena akses mahasiswa terhadap sumber belajar buku perpustakaan kampus terbatas. Literasi digital pada proses perkuliahan menerapkan tingkatan antara lain; 1) literasi Informasi; 2) digital scholarship; 3) learning skills; 4) ICT literacy; 5) manajemen privasi; 6) communication and collaboration; 7) media literacy. Literasi digital dirasa efektif menunjang pembelajaran menggunakan e-learning. Meski memiliki peran yang penting dalam penunjang pembelajaran yaitu sebagai sumber belajar dan penunjang pembelajaran. Literasi digital juga berguna untuk meningkatkan kreatifitas, motivasi, pemahaman materi oleh mahasiswa pada mata kuliah pembelajaran terpadu.
Copyrights © 2021