Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 2 No. 4 (2021): November

IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL MATA KULIAH PEMBELAJARAN TERPADU MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Muh Husein Baysha (Universitas Pendidikan Mandalika)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Pandemi covid-19 menyebabkan mahasiswa tidak bisa mengakses langsung sumber belajar buku di perpustakaan kampus, maka perlu alternatif lain dalam hal literasi untuk menunjang pembelajaran. Penelitian ini bertujuan bagaimana pelaksanaan literasi digital mata kuliah pembelajaran terpadu program studi teknologi pendidikan. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian implementasi literasi digital merupakan hal penting menunjang proses belajar. Mata kuliah pembelajaran terpadu program studi teknologi endidikan universitas pendidikan mandalika pada proses pembelajaran e-learning menerapkan literasi digital. Karena akses mahasiswa terhadap sumber belajar buku perpustakaan kampus terbatas. Literasi digital pada proses perkuliahan menerapkan tingkatan antara lain; 1) literasi Informasi; 2) digital scholarship; 3) learning skills; 4) ICT literacy; 5) manajemen privasi; 6) communication and collaboration; 7) media literacy. Literasi digital dirasa efektif menunjang pembelajaran menggunakan e-learning. Meski memiliki peran yang penting dalam penunjang pembelajaran yaitu sebagai sumber belajar dan penunjang pembelajaran. Literasi digital juga berguna untuk meningkatkan kreatifitas, motivasi, pemahaman materi oleh mahasiswa pada mata kuliah pembelajaran terpadu.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

lpi

Publisher

Subject

Education

Description

Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran is an open access peer reviewed research journal that Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia publishes. The journal publishes state-of-art papers in the form of conceptual research and studies in the field of learning ...