Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan
Volume 9, Nomor 1, Maret 2022

Pengaruh Hegemoni Guru Terhadap Perilaku Siswa Di SMA Negeri 20 Bone

Gunawan Gunawan (universitas negeri makassar)
Supriadi Torro (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh hegemoni guru dalam bentuk direktif terhadap perilaku siswa di SMA Negeri 20 Bone dan 2) pengaruh hegemoni guru dalam bentuk asertif terhadap perilaku siswa di SMA Negeri 20 Bone. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi berjumlah 384 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik acak sederhana, dan diperoleh sebanyak 60 orang sampel. Pengambilan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif dan inferensial menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) variabel X1 (hegemoni guru dalam bentuk direktif) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y (perilaku siswa) di SMA Negeri 20 Bone, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0.283>0.05 berarti tidak memiliki pengaruh. 2) variabel X2 (hegemoni guru dalam bentuk asertif) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y (perilaku siswa)  di SMA Negeri 20 Bone, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0.000<0.05 berarti memiliki pengaruh. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa untuk variabel X1, H0 diterima dan H1 ditolak, dan untuk variabel X2, H0 ditolak dan H1 diterima.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sosialisasi

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Sosialisasi: jurnal hasil pemikiran, penelitian dan pengembangan keilmuan sosiologi pendidikan. Published by the peer review process and open access with p-ISSN: 2356-0886 and e-ISSN: 2722-3086. Jurnal Sosialisasi: jurnal hasil pemikiran, penelitian dan pengembangan keilmuan sosiologi ...