Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 11, No 2 (2022)

IMPLEMENTASI BIMBINGAN TEMAN SEBAYA DALAM KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV SDN PARON 1

Meisi Dian Pratiwi (PGSD STKIP Modern, Ngawi, Indonesia)
Yes Matheos Lasarus Malaikosa (STKIP Modern Ngawi)
Sofyan Susanto (PGSD STKIP Modern, Ngawi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2022

Abstract

Bimbingan teman sebaya ialah metode yang memberi kesempatan kepada siswa untuk mengajarkan berbagi ilmu pengetahuan yang dimiliki kepada teman sebayanya serta ketrampilan siswa tersebut dapat diajarkan kepada yang lain, tutor diberi tanggung jawab membantu temannya dalam pembelajaran ketika menemui kesusahan dalam belajar, hubungan antara teman sebayanya lebih dekat daripada guru dengan siswa, biasanya yang diberikan oleh teman untuk teman sebayanya dapat memberikan hasil yang lebih baik dari sebelumnya. Bahasa yang digunakan mudah dipahami karena menggunakan bahasa mereka sendiri. Teman sebaya seperti teman dekat, sahabat. Metode penelitian kualitatif berguna untuk mengetahui dengan rinci kejadian apa yang dialami oleh subjek penelitian secara deskriptif dan menyeluruh dalam bentuk kalimat. metode sangat efektif agar siswa tidak bosan, dan guru tidak suntuk dalam pengajaran. Yang mempengaruhi bimbingan teman sebaya yaitu usia yang sama memungkinkan anak untuk memiliki keinginan, pembicaraan, kegiatan yang sama dengan tujuan untuk mendorong adanya hubungan pertemanan dengan teman sebaya atau seumuran ini. Keaktifan belajar ialah kegiatan belajar yang anak didiknya langsung secara intelektual dan emosional, berperan penting dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Keaktifan belajar dimana sistem pembelajarannya melalui belajar aktif yang mengarah pada belajar yang mandiri. Faktor penghambat dalam keaktifan belajar kesulitan sering terjadi adalah bagaimana cara menghadapi perbedaan karakteristik siswa. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...