J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 3, No 1 (2022): FEBRUARI

PENGARUH MODEL PjBL-STEM DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

Amalia Janatun Ma'wa (Universitas Galuh)
Toto Toto (Universitas Galuh)
Awang Kustiawan (Universitas Galuh)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PjBL-STEM dalam pembelajaran IPA pada materi bioteknologi terhadap motivasi belajar siswa. Motivasi belajar merupakan salah satu dari berbagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar. Sementara motivasi belajar dipengaruhi oleh model pembelajaran yang digunakan dalam sebuah  pembelajaran. Oleh sebab itu perlu memilih dan mencobakan model pembelajaran untuk  meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-April 2020. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Cijeungjing sebanyak 7 (tujuh) kelas. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 1 (satu) kelas yaitu kelas IX H  yang dipilih dari populasi dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pertimbangan pemilihan sampel tersebut berdasarkan informasi dari pengajar IPA bahwa kelas IX H metovasinya paling rendah dibandingkan dengan kelas-kelas lainnya. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental dengan jenis penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar sebagai data utama dengan didukung lembar observasi. Data hasil penelitian dianalisis secara statistik meliputi perhitungan N-Gain dan Uji Median/Wilcoxon. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan model PjBL-STEM dalam pembelajaran IPA pada materi bioteknologi terhadap motivasi belajar siswa.Kata Kunci: Project Based Learning; STEM; Motivasi Belajar Siswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...