Jurnal Ilmiah IT CIDA : Diseminasi Teknologi Informasi
Vol 4, No 1: Juni 2018

Perencanaan Strategis Sistem Informasi Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Sekolah Swasta Inklusi

Dany Fajar Kristanto Saputro Wibowo (Universitas Amikom Yogyakarta)
Ema Utami (Universitas Amikom Yogyakarta)
Asro Nasiri (Universitas Amikom Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2018

Abstract

Sistem informasi menjadi salah satu hal penting di dalam sebuah organisasi. Hampir semua organisasi menggunakan sistem informasi, tidak hanya organisasi komersil tetapi lembaga pendidikan pun juga menerapkan sistem informasi di setiap bagian organisasi. Lazuardi Kamilla Global Islamic School (Lazkam GIS) adalah salah satu lembaga pendidikan formal di kota Surakarta yang saat ini memiliki tiga sekolah yaitu KB-TK, SD dan SMP. Lazkam GIS Surakarta merupakan salah satu lembaga pendidikan yang sudah menerapkan sistem informasi. Namun selama ini sistem informasi yang ada hanya digunakan sebagai alat pendukung administrasi dan operasional belum digunakan sebagai alat strategis untuk mencapai keunggulan kompetitif. Pada paper ini akan dibahas bagaimana membuat perencanaan sistem informasi strategis yang tepat untuk meningkatkan keunggulan bersaing sekolah Lazkam GIS Surakarta. Pembuatan perencanaan strategis pada paper ini menggunakan gabungan framework ward & Peppard dan Enterprise Architecture Planning (EAP), sedangkan metode analisis yang digunakan antara lain SWOT, PEST, Value Chain dan McFarland Strategic Grid. Setelah dilakukan analisis dan perancangan arsitektur data, arsitektur aplikasi, arsitektur teknologi akan menghasilkan strategi sistem informasi dan portofolio rekomendasi sistem informasi.  Kata kunci :  Sistem Informasi, Perencanaan Strategis, Ward & Peppard, EAP

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

itcida

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal IT CIDA adalah terbitan berkala ilmiah yang terbit 2 nomor per volume yang fokus pada bidang teknologi informasi, komunikasi dan komputer dalam bentuk akumulasi pengetahuan baru, pengamatan empiris atau hasil penelitian, dan pengembangan gagasan ...