Mimbar PGSD Undiksha
Vol 10, No 1 (2022): April

pengembangan media komik untuk kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD

Puteri, Anami (Unknown)
Ferdiansyah, Muhamad (Unknown)
Murjainah, Murjainah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2022

Abstract

Penelitian dan pengembanga ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media komik untuk kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian dan pengembangan ADDIE diantaranya : (1) Analyze, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Subjek uji coba one to one sebanyak 3 siswa, subjek uji coba small group sebanyak 6 siswa, dan subjek implementation sebanyak 15 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa media komik layak  dengan perolehan nilai dari ahli rata-rata presentase 81,7% kategori layak, hasil tanggapan siswa rata-rata menunjukan siswa senang untuk membaca komik sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran dengan presentase 95%, hasil N-gain diperoleh media komik yang dikembangkan meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 127 Palembang sebesar 0,42 dengan kategori peningkatan sedang. Jadi dapat disimpulkan bahwa media komik layak digunakan untuk kemampuan membaca pemahaman siswa.

Copyrights © 2022