Penelitian dan pengembanga ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media komik untuk kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian dan pengembangan ADDIE diantaranya : (1) Analyze, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Subjek uji coba one to one sebanyak 3 siswa, subjek uji coba small group sebanyak 6 siswa, dan subjek implementation sebanyak 15 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa media komik layak dengan perolehan nilai dari ahli rata-rata presentase 81,7% kategori layak, hasil tanggapan siswa rata-rata menunjukan siswa senang untuk membaca komik sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran dengan presentase 95%, hasil N-gain diperoleh media komik yang dikembangkan meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 127 Palembang sebesar 0,42 dengan kategori peningkatan sedang. Jadi dapat disimpulkan bahwa media komik layak digunakan untuk kemampuan membaca pemahaman siswa.
Copyrights © 2022