NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 9, No 3 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

ANALISIS ALASAN TIONGKOK MELAKUKAN KERJASAMA DENGAN THAILAND DALAM PROYEK KERETA CEPAT BANGKOK-NAKHONRACHASIMA

Adisorn Pantusah (Prodi Hubungan International, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Malang)
Haryo Prasodjo (Prodi Hubungan International, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Malang)
Hafid Adim Pradana (Prodi Hubungan International, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Malang)
Ruli Inayah Ramadhoan (Prodi Hubungan International, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2022

Abstract

Menggunakan foreign policy analysis theory dan metode eksplanatif, tulisan ini menjelaskan mengenai alasan Tiongkok melakukan kerjasama dengan Thailand, dalam proyek kereta cepat rute Bangkok-Nakhonrachasima sebagai fase I dari keseluruhan rute Thailand-Laos dalam proyek besar Belt and Road Initiative. Terdapat empat faktor utama Tiongkok melakukan kerjasama, pertama, posisi geofrafi Thailand sebagai titik temu dari skema rute kereta Pan Asia Railway. Kedua, jumlah dan potensi populasi kelas menengah atas di Thailand di kedua kota, sebagai konsumen kereta cepat dan tingkt kunjungan sektor pariwisata. Ketiga, kapasitas dan proyeksi ekonomi Thailand yang terus meningkat setiap tahunnya. Keempat, stabilitas politik dan keamanan dalam negeri Thailand, bagi potensi serta jaminan investasi jangka panjang di Thailand. Proyek kereta cepat Tiongkok direncanakan akan menghubungkan, provinsi Kumning di Tiongkok, Laos, Thailand, Malaysia, hingga Singapura, .

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...