Widyacarya : Jurnal Pendidikan, Agama, dan Budaya
Vol 6, No 1 (2022)

Pengembangan RPP Berorientasi Pembelajaran Abad 21 dengan Model Cooperative Learning Berbasis Tri Kaya Parisudha

I Komang Wahyu Wiguna (STAHN Mpu Kuturan Singaraja)
L. Heny Nirmayani (STAH N Mpu Kuturan Singaraja)
Ni Putu Candra Prastya Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (i) mengembangkan RPP Kurikulum 2013 berorientasi pembelajaran abad 21 dengan model cooperative learning berbasis Tri Kaya Parisudha; (ii) mengetahui validitas pengembangan RPP Kurikulum 2013 berorientasi pembelajaran abad 21 dengan model Cooperative Learning berbasis Tri Kaya Parisudha. Penelitian ini merupakan hasil pengembangan desain dan produk (Design and Development) dengan menggunakan Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek pada penelitian ini terdiri dari 2 orang ahli, 6 orang mahasiswa, dan 6 orang guru sekolah dasar. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (i) RPP Kurikulum 2013 berorientasi pembelajaran abad 21 dengan model Cooperative Learning  berbasis Tri Kaya Parisudha. Hasil uji validitas ahli maupun respons guru SD dan mahasiswa PGSD menunjukkan kategori sangat baik, sehingga pengembangan RPP Kurikulum 2013 dengan model Cooperative Learning  berbasis Tri Kaya Parisudha layak untuk diterapkan pada program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

widyacarya

Publisher

Subject

Education

Description

WIDYACARYA: Jurnal Pendidikan, Agama, dan Budaya [ISSN: 2580-7544] dikelola oleh STAHN Mpu Kuturan Singaraja yang dapat dijadikan referensi akademis maupun bahan memecahkan berbagai persoalan agama dan budaya yang dewasa ini semakin ...