JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Pengembangan Media Pembelajaran PKMD (Pengenalan Konsep Matematika Dasar) Tentang Pola Abc-Abc pada Anak Usia Dini 4-5 Tahun di PAUD KB Laksamana

Mahendra, Mahendra (Unknown)
Hukmi, Hukmi (Unknown)
Zulkifli, Zulkifli (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media PKMD (pengembangan konsep matematika dasar) terhadap perkembangan anak usia dini 4-5 tahun di PAUD kb Laksamana Desa Bukit Batu Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis . Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keaktifan media tersebut . Kelayakan produk ini dapat di peroleh dari data materi dan media dan uji coba terbatas pada anak usia 4-5 tahun. produk yang dikembangkan divalidasi oleh 2 ahli media dan materi. Dari hasil validator dapat hasil pada hasil validator mengenai penilaian media jumlah keseluruhan validator 1 dan 2 didapat jumlah persentase 92% dengan kategori “layak”. Dengan adanya penilaian validator 1 dan 2 mengenai produk maka media boleh di uji coba di lapangan. Berdasarkan hasil validator mengenai penilaian materi 1 dan 2 didapat jumlah persentase 91% dengan kategori “layak”. Berdasarkan dari hasil ahli pendidik media maka didapatkan pada ahli pendidik 5 orang didapatkan jumlah skor 75% dengan kategori “cukup layak” . untuk persentase keseluruhan didapatkan jumlah skor 85% dengan kategori “ layak ” untuk ahli pendidik sangat banyak memberikan masukan dan saran yang bertujuan untuk memberikan ciri khas di dalam media sehingga memenuhi unsur media dan mudah digunakan karena adanya petunjuk penggunaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...