JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Analysis of Building Damage Level Building Palangka Raya University

Wati, Lisa (Unknown)
Puspasari, Veronika Happy (Unknown)
Pandohop Gawei, Apria Brita (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2022

Abstract

Gedung perkuliahan sama dengan gedung pada umumnya yaitu gedung yang terbuat dari konstruksi kayu atau beton. Dalam pengoperasiannya, potensi kerusakan bangunan lama atau bangunan yang relatif baru dibangun sangat besar. Tidak ada data kerusakan di Universitas Palangka Raya yang menyebabkan turunnya tingkat produktivitas kegiatan yang dilakukan oleh pemilik atau pengguna gedung sehingga kondisi gedung perguruan tinggi tidak terjaga dengan baik. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan survey pengisian formulir di gedung kuliah pertama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Palangka Raya. Dari form survey yang dianalisis lebih lanjut, muncul 3 kategori jenis komponen yaitu Arsitektural: Pondasi, Sloof, Kolom, Ring Balk, Dinding, dan Rangka Atap, Arsitektur: Atap, Plafon, Lantai, Kunci, Rangka dan Daun, serta Pengecatan , Utilitas: MCK, dan Elektrikal : Elektrik. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa 3 komponen yang memiliki persentase kerusakan kunci 0,5%, bingkai dan daun 0,7%, dan lukisan 7,37%, dengan total 8,6% masuk dalam kategori tingkat kerusakan ringan. rusak, dengan anggaran Rp. 759.736.00 untuk kunci, Rp. 3.495.992.39 untuk rangka dan daun, dan Rp. 106.463.066.64 untuk pengecatan, dengan total biaya kerusakan Rp. 110.718.795,02. Penelitian ini bermanfaat bagi pengelola dan penelitian selanjutnya dapat menjadi acuan dalam meningkatkan kualitas bangunan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...