JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Perencanaan Peningkatan Mutu Sekolah di SMKN Purwosari Bojonegoro

Roesminingsih, Maria Veronica (Unknown)
Hariastuti, Tri Retno (Unknown)
Agustina, Frensi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2022

Abstract

Relevansi kompetensi lulusan dan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri menjadi salah satu permasalahan pendidikan Indonesia. Agar relevan dengan kebutuhan tersebut maka dibutuhkan perencanaan pendidikan yang link and match untuk menghasilkan output yang bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan bagaimana perencanaan peningkatan mutu di SMKN Purwosari Bojonegoro agar dapat menghasilkan sumber daya manusia Indonesia yang bermutu dan berdaya saing. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data meliputi tiga tahap yaitu kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data. Kriteria keabsahan data meliputi kredibilitas dengan triangulasi, dependabilitas, konfirmabilitas dan transferabilitas. Hasil penelitian ini adalah perencanaan peningkatan mutu SMKN Purwosari sudah direncanakan dengan baik, sistematis, jelas dan terukur oleh kepala sekolah dan tim pengembang sekolah. Perencanaan dibuat untuk jangka waktu lima tahun ke depan mulai tahun 2021 hingga tahun 2025. mencakup aspek 1) Kurikulum dan pembelajaran, (2) kemitraan 3) Mendatangkan guru tamu, 4) Magang atau praktek kerja industri, 5) Sertifikasi kompetensi, 6) Pembaharuan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan, 7) Teaching factory/teaching industry, 8) Komitmen serapan, 9) Beasiswa atau ikatan dinas, 10) Sarana prasarana, dan 11) Tata kelola.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...