JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Pengaruh Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi XI IPS SMA N 1 Kampar Kiri

Della Festova (Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Sosial, Universitas Riau)
Sakdanur Nas (Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Sosial, Universitas Riau)
Mujiono Mujiono (Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosal, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Sosial, Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pengaruh pembelajaran daring (dalam jaringan) terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kampar Kiri. Penenlitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran daring (dalam jaringan) terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kampar Kiri. Populasi dalam penelitian ini 139 Orang siswa sedangkan untuk sampel menggunakan tabel isaac dengan tingkat kesalahan 10%. Berdasarkan tabel isaac dengan tingkat kesalahan 10%, jika populasi pada penelitian ini berjumlah 139, maka berdasarkan tabel Isaac sampel yang diperoleh berjumlah 91 siswa. Data yang dikumpulkan berdasarkan angket yang diberikan kepda siswa kemudian dianalisis menggunakan analisis statistic deskriptif dan analisis inferensial. Adapun hal yang mempenagruhi dalam pembelajaran daring dan minat belajar yaitu : Pelaksanaan pembelajaran daring, waktu pelaksanaan pembelajaran daring, keterbiasaan melaksanakan pembelajaran daring, proses pembelajaran daring dan media yang digunakan dalam pembelajaran daring dan perasaan siswa, perhatian siswa, ketertarikan siswa, serta keterlibatan siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...