JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Meningkatkan Perilaku Gaya Hidup Sehat di Masa Pandemi pada Siswa Sekolah Dasar

Anisa Oktavia (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Yayah Huliatunisa (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Arif Rahman (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Fitri Alia (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Rieska Hadisumarno (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Neli Agustina (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2022

Abstract

Kebijakan pemerintah terkait pembelajaran di rumah, mewajibkan guru dan orang tua membiasakan pola hidup sehat dan bersih, serta menyusun strategi menarik yang sesuai dengan tumbuh kembang anak untuk memaksimalkan hasilnya. Proses penelitian ini dilakukan dengan tahapan: Pertama; melakukan promosi Kesehatan melalui penyuluhan secara online kepada siswa kelas IV dan V, bersama dengan kepala sekolah, pembina UKS serta guru, yang diawali dengan diskusi group bersama Pembina UKS. Kedua; pretest, tujuannya mengidentifikasi tingkat pemahaman siswa dan menganalisis penerapan praktik baik pola hidup bersih dan sehat yang telah dilakukan selama masa pandemic. Tahap akhir, memberikan kuesioner yang menekankan pada 5 indikator: cuci tangan yang benar menggunakan sabun dan air yang mengalir, menggunakan masker yang baik dan benar, makan-makanan bergizi, aktivitas fisik, dan kebersihan diri. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa kelas IV dan V SDN Jelambar 01 Pagi Jakarta Barat yang terdiri dari 45 siswa, memahami dan telah menerapkan perilaku pola hidup bersih dan sehat selama masa pandemic.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...