JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Strengthening Indonesian Literacy through Folklore Storytelling

Frans Sayogie (English Literature Department, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2022

Abstract

Penguatan literasi bahasa Indonesia di Indonesia menjadi penting dalam dunia pendidikan. Literasi bahasa Indonesia merupakan salah satu cara untuk mengubah pendidikan melalui penanaman budaya membaca, menulis, dan berhitung. Penelitian ini mengeksplorasi konstruksi pembelajaran literasi bahasa Indonesia melalui metode Cerita Rakyat Indonesia. Cerita rakyat berjudul “Roro Jonggrang” yang berasal dari Jawa Tengah, Indonesia dipilih sebagai literasi media Indonesia karena unsur dan nilai intrinsik cerita tersebut. Cerita tersebut mengandung kepercayaan supernatural, nilai moral, dan sistem budaya patriarki. Hasil penelitian menunjukkan bagaimana mengkonstruksi pembelajaran literasi bahasa Indonesia melalui storytelling pada siswa kelas II sekolah dasar di Indonesia. Indikator untuk mengukur tingkat kemampuan literasi bahasa Indonesia akan diberikan kepada siswa untuk mengetahui prestasi dan tingkat kemahiran berbahasa Indonesia mereka.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...