JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Kemampuan Menulis Teks Berita dalam Hubungannya dengan Kecerdasan Emosional dan Penguasaan Struktur Kalimat pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah

Ismail Ismail (Dinas Pendidikan dan Keudayaan Lampung Tengah)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui ada tidaknya hubungan antara (1) kecerdasan emosional dengan kemampuan menulis teks berita, (2) penguasaan struktur kalimat dengan kemampuan menulis teks berita, (3) kecerdasan emosional dan penguasaan struktur kalimat secara bersama-sama dengan kemampuan menulis teks berita. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah Januari sampai dengan Mei 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1Bangunrejo. Sampel berjumlah 44 siswa yang diambil dengan cara simple random sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan menulis teks berita, angket kecerdasan emosional, dan tes penguasaan struktur kalimat. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi dan korelasi (sederhana, ganda). Berdasarkan hasil penelitian, dapat dinyatakan bahwa secara bersama-sama kecerdasan emosional dan penguasaan struktur kalimat memberikan sumbangan yang berarti kepada kemampuan menulis teks berita (70,05 %). Ini menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut dapat menjadi prediktor yang baik bagi kemampuan menulis teks berita. Hasil penelitian ini juga mengindikasikan bahwa guru yang mengajar pelajaran bahasa Indonesia perlu lebih memprioritaskan aspek penguasaan struktur kalimat untuk meningkatkan kemampuan menulis eksposisi dibandingkan dengan aspek kecerdasan emosional.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...