Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 2 (2022): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 6 Nomor 2 Tahun 2022

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Barisan dan Deret Berdasarkan Asimilasi dan Akomodasi Pada Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif

Aulia Putri (Universitas Jambi)
Nizlel Huda (Universitas Jambi)
Suratno Suratno (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2022

Abstract

Salah satu kemampuan yang dikembangkan dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan pemecahan masalah. Siswa sudah mampu mengerjakan soal matematika tetapi belum cukup baik dalam menganalisis dan berpikir dengan maksimal. Sehingga menyebabkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini juga di sebabkan karena adanya perbedaan gaya kognitif pada masing masing siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah barisan dan deret pada gaya kognitif reflektif dan gaya kognitif impulsif berdasarkan asimilasi dan alomodasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 14 Muaro Jambi. Pada penelitian ini siswa di berikan soal tes MFFT, untuk mendapatkan subjek gaya kognitif reflektif dan gaya kognitif impulsif. Siswa yang tepilih menjadi subjek penelitiaan diberikan soal kemampuan pemecahan masalah barisan dan deret. Hasil penelitan menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif reflektif lebih cenderung mengalami asimilasi pada setiap tahapan pada proses pemecahan masalah, hal ini disebabkan siswa dengan gaya kognitif reflektif lebih detail dalam menganalisis soal. Sedangkan siswa dengan gaya kognitif impulsif lebih cenderung mengalami akomodasi pada setiap tahapan pemecahan masalah hal ini disebabkan siswa dengan gaya kognitif impulsif terlalu cepat dalam merespon dan tidak menganalisis soal dengan teliti.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...