Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 1 (2022): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022

Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembagian Desimal Melalui Media Sipintar Kelas IV SDN Burengan 2 Kota Kediri

Iva Aspreliha (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Rian Damariswara (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Dewi Sholihatur Rohmah (Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum tuntasnya pemahaman siswa dalam mata pelajaran matematika pada materi pembagian desimal, sehingga membutuhkan perbaikan dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi pembagian desimal menggunakan media Sipintar. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pembelajaran 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini telah menunjukan terjadi peningkatan hasil belajar dari pra-siklus,siklus I ke siklus II. Pada pra-siklus, rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 31,72 dengan presentase ketuntasan 17,24%. Setelah diberi tindakan pada pembelajaran siklus I melalui media Sipintar rata-rata hasil belajar siswa mencapai 62,75 dengan persentase ketuntasan 34,48%. Pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar siswa naik mencapai rata-rata 83,27 dengan persentase ketuntasan 82,75%. Dengan demikian, dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran pembagian desimal melalui media Sipintar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV A SDN Burengan 2 Kota Kediri.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...