AKSIOMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 11, No 1 (2022)

PENGARUH PENGGUNAAN KOMBINASI MODEL PROBING PROMPTING DAN METODE RESITASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Akmal Ramadhan (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Viarti Eminita (Universitas Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan serta menguji perbedaan pada penggunaan kombinasi model pembelajaran probing prompting dan metode resitasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain quasi experimental design tipe posttest control only design. Hasil uji validitas dan uji reliabilitas dengan jumlah responden 29 siswa diperoleh nilai Conbrach’s Alpha sebesar 0,8681 > 0,6 dari 2 soal yang valid. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling sehingga terpilih kelas X MIPA 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelompok kontrol yang masing-masing kelompok memiliki ukuran sampel sebesar 36 siswa di SMA Negeri 12 Kota Tangerang Selatan. Karena data tidak berdistribusi normal sehingga dilakukan uji Mann Whitney dan diperoleh hasil Zhitung > Ztabel = 2,64101 > 1,96 atau tolak H0 yang berarti bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis siswa pada penggunaan kombinasi model pembelajaran probing prompting dan metode resitasi dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini juga terbukti dari nilai indeks pembanding d = 0,790231 yang dikategorikan sedang, Hal ini berarti bahwa kombinasi model pembelajaran probing prompting dan metode resitasi lebih efektif dibanding model pembelajaran konvensional untuk digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...