Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro
Vol 10, No 1 (2022)

PENGEMBANGAN MEDIA VIRTUAL LABORATORY MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS5.5 PADA MATERI DIFRAKSI LASER

Fleony Dea Amanda (Jambi University)
Sri Purwaningsih (Jambi University)
Rahma Dani (Jambi University)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Pembelajaran fisika yang ideal adalah pembelajaran fisika yang berbasis praktikum. Praktikum secara langsung tidak dapat dilaksanakan secara maksimal di laboratorium pada masa Covid 19. Agar praktikum tetap dapat dilaksanakan maka dibutuhkan media pengganti praktikum yaitu laboaratorium virtual. Laboratorium virtual dirancang menggunakan adobe flash cs5.5. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan laboratorium menggunakan Adobe Flash CS5.5 pada materi difraksi LASER, untuk mengetahui kelayakan laboaratorium virtual sebagai media pengganti praktikum dan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap laboratorium virtual yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan (1974). Model 4D terdiri atas 4 tahap yaitu define, design, develop dan dessiminate. Hasil peneltian ini menunjukkan laboaratorium virtual berada dalam kategori sangat layak dengan presentase kelayakan untuk media, materi dan kebahasaan masing – masing sebesar 91,67%, 100% dan 100% dan respon mahasiswa terhadap laboratorium virtual berada dalam kategori sangat layak digunakan dalam pembelajaran fisika modern dengan presentase pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan utama masing – masing sebesar 89,79%  dan 84,82%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro or abbreviated JPF ( p-ISSN : 2337-5973 e-ISSN:2442-4838 ) is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and physics education. The journal reports significant new findings related to physics and education physics. JPF is ...