Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 7 No. 1 (2022): Maret

Hubungan Kreativitas Mengajar Guru dengan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Gugus V Mataram Tahun Ajaran 2020/2021

Rizki Mardian Saputri (Universitas Mataram)
Asrin Asrin (Universitas Mataram)
Moh. Liwa Ilhamdi (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2022

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran yang dilaksanakan pada kelas IV SDN Gugus V Mataram tergolong masih kurang efektif, motivasi dan hasil belajar siswa juga masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) hubungan kreativitas mengajar guru dengan motivasi belajar siswa kelas IV SDN Gugus V Mataram Tahun Ajaran 2020/2021. 2) hubungan kreativitas mengajar guru dengan hasil belajar ipa siswa kelas IV SDN Gugus V Mataram Tahun Ajaran 2020/2021. 3) hubungan kreativitas mengajar guru dengan motivasi dan hasil belajar ipa siswa kelas IV SDN Gugus V Mataram Tahun Ajaran 2020/2021. Metode dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dan jenisĀ  penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus V Mataram yang berjumlah 269 siswa dan sampel penelitian berjumlah 161 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan untuk hipotesis pertama dan kedua adalah product moment sedangkan hipotesis ketiga menggunakan Multivariate Tests. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada hubungan kreativitas mengajar guru dengan motivasi belajar siswa dimana rhitung sebesar 0,348 sedangkan rTabel dengan N = 161 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,154 jadi rhitung > rTabel (0,348 > 0,154). 2) ada hubungan kreativitas mengajar guru dengan hasil belajar ipa dimana rhitung sebesar 0,238 sedangkan rTabel dengan N = 161 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,154 jadi rhitung > rTabel (0,238 > 0,154). 3) ada hubungan kreativitas mengajar guru dengan motivasi dan hasil belajar ipa siswa dimana nilai sig. 0,000 dengan N = 161 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,05 jadi (0,000 > 0,05). Kesimpulan penelitian ini adalah adanya hubungan kreativitas mengajar guru dengan motivasi belajar dan hasil belajar IPA kelas IV Gugus V Mataram Tahun Ajaran 2020/2021.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...