Jurnal Basicedu
Vol 6, No 2 (2022): April Pages 1500- 3199

Aplikasi Quizizz Berpengaruh Atau Tidak untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa

Muhammad Yusuf Salam (Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, Indonesia)
Adam Mudinilllah (Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hikmah Pariangan Batusangkar, Indonesia)
Annisa Agustina (Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh aplikasi quiziz untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Setelah diaplikasikan maka akan terlihat berpengaruh atau tidaknya. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, dimana informasi akan diperoleh langsung dari lapangan. Selain itu peneliti harus benar-benar mengetahui situasi dan kondisi lapangan secara mendalam agar informasi dapat digali sedalam mungkin. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswa di Indonesia. Sedangkan objek penelitian adalah motivasi dan hasil belajar siswa setelah melibatkan aplikasi quiziz dalam pembelajaran. hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar dan motivasi siswa setelah penggunaan aplikasi quiziz sebagai alat evaluasi pembelajaran. 100 persen yang menyatakan bahwa quiziz membuat test lebih menarik, 94,4 persen yang menyatakan bahwa aplikasi quiziz dapat meningkatkan keinginan belajar, 83,3 persen yang menyatakan aplikasi quiziz merupakan aplikasi terbaik untuk test, 66,7 persen yang menyatakan bahwa aplikasi quiziz cocok untuk setiap melakukan test, 83,3 persn yang menyatakan bahwa aplikasi quiziz membuat siswa lebih rileks mengerjakan ujian

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...