Jurnal Basicedu
Vol 6, No 3 (2022): June Pages 3200-5500

Advertensi Kapabilitas Mengenal Angka Anak Usia Dini melalui Media Cartoon Card Numbering (CARING)

Abu Hasan Agus R (Universitas Nurul Jadid)
Muhammad Mushfi El Iq Bali (Universitas Nurul Jadid)
Durrotul Mashunah (Universitas Nurul Jadid)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2022

Abstract

Dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh para pendidik adalah upaya untuk meningkatkan semua aspek pengembangan yaitu aspek nilai agama dan moral, sosial emosional, bahasa, kognitif, fisik/ motorik, serta seni. Salah satu aspek perkembangan adalah kognitif yang harus dimiliki oleh anak. Dalam aspek perkembangan kognitif mengenal angka, membedakan angka dan mengurutkan angka adalah hal yang penting dan wajib dimiliki oleh anak usia dini. Rendahnya kemampuan mengenal angka anak didik di lembaga membuat saya sebagai pendidik sekaligus sebagai peneliti membuat media kartu angka untuk membantu anak didik mampu dalam mengenal angka dan mengurutkan angka serta membedakan angka dengan efektif. Metode yang digunakan yakni penelitian  kualitatif yakni pengumpulan data dan observasi, subjek penelitian ialah anak usia dini kelompok kuncup PAUD Darul Falah yang jumlah keseluruhan 20 anak 9  laki laki dan 11 perempuan. Dengan melakukan perbaikan yang dilaksanakan secara bertahap. Hasil dari pertemuan pertama hasil tugas anak dan hasil observasi dalam kegiatan bermain kartu angka bergambar masih belum memuaskan dan beberapa anak masih mulai berkembang. Sedangkan pada pertemuan kedua dengan diadakan perbaikan didapatkan hasil yang memuaskan dari hasil tugas anak. Dengan menggunakan media kartu angka bergambar kemampuan mengenal angka anak mampu ditingkatkan berkembang sangat baik dan dapat dikatakan berhasil.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...