Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prestasi belajar matematika siswa pada pembelajaran model kooperatif tipe NHT. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model pre-experimental yang didesain dalam bentuk one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMPN 2 Soe sebanyak delapan kelas dan sampel sebanyak satu kelas yaitu kelas VIII B yang dipilih dengan menggunakan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes yang diberikan sebanyak dua kali yaitu pre-test dan post-test. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal berbentuk uraian. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas sebagai uji prasyarat, uji t sampel berpasangan dan skor gain normalisasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar matematika siswa pada pembelajaran model kooperatif tipe NHT. Peningkatan prestasi belajar matematika siswa berada pada kategori rendah dengan rata-rata skor gain sebesar 0,27.
Copyrights © 2022