Manager : Jurnal Ilmu Manajemen
Vol 5, No 1 (2022)

PENGARUH MOTIVASI DAN LOYALITAS TERHADAP KINERJA KARYAWAN RESTAURANT NETTY’S STEAK HOUSE

Dody Wira Arnanda (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Rachmatulaily Tinakartika Rinda (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Muhammad Zakie Hanifan (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Anuraga Kusumah (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ibn Khaldun Bogor)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh motivasi dan loyalitas terhadap kinerja karyawan Restaurant Netty’s Steak House, yang mana dalam penerapannya peneliti menggunakan metode kuantitatif, dengan maksud untuk menemukan pengaruh yang ada dengan jawaban sistematis yang dibuktikan dalam angka. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah untuk variabel motivasi (X1) secara parsial tidak berpengaruh positif terhadap variabel kinerja (Y), dapat dilihat dari t hitung -1,221 < t tabel 2.00247 dengan nilai signifikansinya sebesar 0,227 > 0,05, yang dapat diartikan bahwa motivasi bukanlah faktor yang dominan dalam meningkatkan kinerja karyawan Restaurant Netty’s Steak House.Terdapat pengaruh positif pada variabel loyalitas terhadap kinerja, dapat dilihat dari t hitung 4.929 > 2.00247 dengan nilai signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Dapat diartikan bahwa lebih tinggi loyalitas karyawan Restaurant Netty’s Steak House maka akan lebih tinggi juga kinerja yang dihasilkan karyawan tersebut.Pengujian yang dilakukan secara simultan memperlihatkan bahwa variabel motivasi dan loyalitas berpengaruh terhadap variabel kinerja karyawan Restaurant Netty’s Steak House, yang mana dapat dilihat dari nilai signifikan untuk pengaruh X1 dan X2 secara stimultan terhadap Y adalah 0,000 < 0,05 dan nilai F hitungnya 18,582 > 3,16 F table. Dan juga nilai R Square nya sebesar 0,395. Dengan ini menjelaskan bahwa pengaruh variabel motivasi (X1) dan loyalitas (X2) secara simultan terhadap variabel kinerja (Y) yaitu sebesar 39,5 %, dengan sisanya 60,5 % yang terdiri dari variabel lainnya seperti kompensasi, kepuasan, kepemimpinan dan variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dapat disimpulkan bahwa setiap variabel dalam penelitian ini memiliki pengaruh dalam meningkatkan kinerja karyawan Restaurant Netty’s Steak House walaupun ada variabel yang tidak terlalu dominan, karena dalam peningkatan kinerja karyawan bukan hanya satu faktor saja namun terdapat beberapa faktor pengaruh tergantung dari setiap keadaan dan kondisi dari objek penelitian.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Manager

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manager : Jurnal Ilmu Manajemenadalah jurnal program studi manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun Bogor. Jurnal ini sebagai media publikasi karya ilmiah ilmu Manajemen dengan scope Manajemen Sumber Daya Manusia.Manajemen Pemasaran,Manajemen Keuangan,Manajemen Keuangan ...