Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN)
Vol 8, No 1 (2022): Volume 8 No 1

Klasifikasi Loyalitas Pengguna Sistem E-Learning Menggunakan Net Promoter Score dan Machine Learning

Didi Supriyadi (Institut Teknologi Telkom Purwokerto)
Sisilia Thya Safitri (Institut Teknologi Telkom Purwokerto)
Rona Nisa Sofia Amriza (Institut Teknologi Telkom Purwokerto)
Daniel Yeri Kristiyanto (Institut Teknologi Telkom Purwokerto)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2022

Abstract

E-Learning merupakan salah satu produk layanan berbasis teknologi informasi yang dikembangkan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada perguruan tinggi. Kesuksesan implementasi sistem e-learning tidak lepas dari peran aktif dan kesetiaan pengguna (customer loyalty) untuk memberikan penilaian maupun feedback untuk peningkatan kualitas layanan yang meliputi efektivitas, efisiensi dan kepuasan dari kegunaan e-learning secara terus menerus. Kepuasan pelanggan berdampak positif terhadap retensi pelanggan, hingga pembelian produk atau jasa lanjutan pelanggan dan kepuasan pelanggan dianggap sebagai faktor utama loyalitas pelanggan. Kegunaan e-learning dapat diukur menggunakan kerangka kerja System Usability Scale (SUS). Sedangkan untuk mengetahui tingkat loyalitas pengguna e-learning dapat menggunakan pendekatan Net Promoter Scale (NPS). Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan algoritma Decision Trees, Naïve Bayes, dan K-Nearest Neighbor (KNN) untuk klasifikasi tingkat loyalitas pengguna e-learning dengan pendekatan kategori berdasarkan NPS. Dataset terdiri atas 100 data yang berasal dari penilaian kepuasan pengguna dari dosen dan mahasiswa sebagai pengguna e-learning. Dataset dibagi menjadi 80:20 untuk data training dan data testing. Penerapan metode 10-fold cross validation pada pengujian ketiga model algoritma berhasil menghindarkan model dari kondisi underfitting maupun overfitting. Pengujian kinerja dari tiap – tiap model algoritma machine learning menggunakan confusion matrix yang meliputi parameter accuracy, sensitivity, dan precision.  Hasil pengujian menunjukkan bahwa algoritma Decision Trees memiliki tingkat akurasi terbaik yaitu sebesar 95%, diikuti dengan Naïve Bayes dengan tingkat akurasi sebesar 90% dan KNN dengan tingkat akurasi sebesar 85%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jepin

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN) merupakan peer reviewed journal di bidang informatika. Jurnal ini diterbitkan 3 bulan dalam setahun (April, Agustus, dan Desember) oleh Program Studi Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura, ...