Cermin Dunia Kedokteran
Vol 49, No 3 (2022): Saraf

Efikasi Suplementasi Asam Folat terhadap Kejadian Stroke pada Pasien Hiperhomosisteinemia dengan Riwayat Penyakit Jantung Koroner – Telaah Kasus Berbasis Bukti

Erlina Santoso (Program Pendidikan Dokter Spesialis Farmakologi Klinik, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta)
Didi Haryadi (Program Pendidikan Dokter Spesialis Farmakologi Klinik, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta RSUD Adjidarmo Kabupaten Lebak, Banten)
Melva Louisa (Departemen Farmakologi dan Terapeutik, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2022

Abstract

Beberapa studi uji klinis yang meneliti efikasi asam folat untuk mencegah kejadian stroke pada pasien hiperhomosisteinemia dengan penyakit kardiovaskular memberikan simpulan yang inkonklusif. Tujuan laporan kasus berbasis bukti ini untuk menilai apakah suplementasi asam folat dapat menurunkan risiko stroke pada pasien dengan riwayat jantung koroner dengan hiperhomosisteinemia. Pencarian komprehensif melalui beberapa basis data online. Telaah kritis menggunakan alat penilaian dari Centre of Evidence Based Medicine (CEBM). Diperoleh dua studi kajian sistematik yang sesuai kriteria seleksi. Hasil telaah kritis mendapatkan bahwa kedua studi tersebut memiliki validitas baik. Analisis menunjukkan bahwa suplementasi asam folat dapat menurunkan kejadian stroke pada pasien dengan riwayat penyakit kardiovaskular.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

CDK

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Cermin Dunia Kedokteran (e-ISSN: 2503-2720, p-ISSN: 0125-913X), merupakan jurnal kedokteran dengan akses terbuka dan review sejawat yang menerbitkan artikel penelitian maupun tinjauan pustaka dari bidang kedokteran dan kesehatan masyarakat baik ilmu dasar, klinis serta epidemiologis yang menyangkut ...