Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 6, No 1 (2022): Maret 2022

Karakter Religius,Toleransi, dan Disiplin pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

Aswidar, Rika (Unknown)
Saragih, Siti Zahara (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2022

Abstract

Permasalahan yang terjadi saat ini yaitu rendahnya tingkat kesadaran siswa untuk memahami dan mengaplikasikan sikap religius pada kehidupan kesehariannya. Misalnya, siswa perempuan, kurangnya kesadaran untuk mengenakan jilbab ketika di luar rumah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pendidikan karakter religius, toleransi, serta karakter disiplin. Penelitian menggunakan pendekatan  deskriptif  kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu 6 guru serta responden sebagai sample sebanyak 100 siswa dari 170 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan angket. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar kuesioner. Penelitian menggunakan teknik untuk menganalisis data yaitu teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter religius sebanyak 76% (sangat setuju) untuk menerapkan berdoa sebelum dan sesudah belajar. Perilaku siswa yang menerapkan pendidikan karakter toleransi sebanyak 47% yang merespon sangat setuju terkait dapat memaafkan kesalahan orang lain. Perilaku siswa yang menerapkan karakter disiplin sebanyak 68% yang menyatakan sangat setuju untuk menaati peraturan yang berlaku yang ada di sekolah. Dapat disimpulkan bahwa penerapan karakter religius, toleransi, dan disiplin di sekolah termasuk dalam kategori baik. Diharapkan seluruh siswa menerapkan karakter religius, toleransi, dan disiplin.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...