Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini
Vol 9, No 1 (2022)

Analisis Kreativitas Tari Kreasi Balap Kadhu’ (Karung) Di Sanggar Tari Tarara Bangkalan

Hasnawati - (Universitas Trunojoyo Madura)
Febrianti Dwi Vitria Putri (Universitas Trunojoyo Madura)
Tarich Yuandana (Universitas Trunojoyo Madura)
Angga Fitriyono (Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2022

Abstract

Tari ini menyampaikan tentang permainan tradisional Madura dengan tujuan mengangkat permainan tradisional Madura agar tidak punah dan meningkatkan kreativitas anak sejak dini. Metode dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan analisis deskriptif. Subjek yang digunakan yaitu anak usia dini di Sanggar Tarara Bangkalan sebanyak 19 anak. Menari dapat membantu anak dalam belajar berimajinasi, berekspresi, dan berkreasi melalui media gerak dengan mengkoordinasikan gerak seluruh anggota badan, baik melalui rangsangan bunyi musik atau tanpa musik konvensional. Tingkat kreativitas anak dalam eksplorasi dengan indikator gerakan sesuai dengan imajinasi terdapat 10 anak mulai berkembang (52,6%), 7 anak berkembang sesuai harapan (36,8%), dan 2 anak berkembang sangat baik (10,5%). Kreativitas improvisasi dalam indikator gerakan sesuai dengan tema terdapat 19 anak berkembang sangat baik (100%). Indikator membentuk formasi terdapat 8 anak berkembang sesuai harapan (42,1%) dan 11 anak berkembang sangat baik (57,9%). Kreativitas komposisi dalam indikator menari kompak dengan pasangan terdapat 3 anak mulai berkembang (15,8%), 5 anak berkembang sesuai harapan (26,3%), dan 11 anak berkembang sangat baik (57,9%). Indikator menari menggunakan beberapa pola lantai terdapat 19 anak berkembang sangat baik (100%). Dengan menari anak dapat mengekspresikan kreativitas yang ada dalam diri anak seperti tari kreasi balap kadhu’ (karung). 

Copyrights © 2022