Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Vol 7, No 1 (2022): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan

Pelayanan Administrasi Kependudukan Kelurahan Jakasetia Kota Bekasi (Studi Ciri Pelayanan Prima)

Selfiana Selfiana (Universitas Bina Insani)
Nadia Azuma (Universitas Bina Insani)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Kelurahan Jakasetia merupakan salah satu lembaga pemerintahan yang menyediakan pelayanan jasa kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelayanan Administrasi Kependudukan di Kelurahan Jakasetia. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, wawancara, dan observasi. Ciri pelayanan prima meliputi efektifitas, efisiensi, sederhana, kejelasan dan kepastian, keterbukaan, ketepatan waktu, responsif, adaptif. Hasil dari penelitian ini adalah ada 30 orang pengguna layanan (60%) menyatakan bahwa pelayanan sudah efektif dan efisien, 50 orang (100%) pengguna layanan menyatakan bahwa pelayanan sudah sesuai dengan prosedur/tata cara layanan, 50 orang (100%) menyatakan memberikan pelayanan secara terbuka mengenai waktu, biaya, dan persyaratan penyelesaian dokumen. 30 orang (60%) pengguna layanan menyatakan bahwa pelayanan sudah tepat waktu, 45 orang (90%) menyatakan bahwa pelayanan sudah responsif, 30 orang (60%) pengguna layanan menyatakan bahwa sudah sesuai dengan keinginan mereka.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JAK

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ilmiah bagi para ahli dan spesialis ilmu administrasi perkantoran, kesekretarisan, dan ilmu-ilmu terkait lain yang mengedepankan pemikiran-pemikiran dalam bentuk karya tulis, analitis, refleksi kritis dan bertujuan menyebarluaskan ide, pandangan, opini, hasil studi ilmiah dan hal lain yang ...