JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal)
Vol 5 No 1 (2022): JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal) Vol. 5 No. 1 Maret 2022

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SUBTEMA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI SANDANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA KELAS III SD. NEGERI 101230 SABABANGUN

Rosnida Siregar (Unknown)
Roslian Lubis (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada subtema Perkembangan teknologi produksi sandang di kelas III SD. NEGERI 101230 SABABANGUN dengan menggunakan pendekatan Matematika Realistik (PMR). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dan menerapkan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik test soal untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, lembar observasi pendidik, penilaian aktivitas peserta didik lembar observasi peserta didik, penilaian sikap dan aktivitas peserta didik, untuk mengetahui kegiatan pendidik dan peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan presentase dari penilaian hasil belajar, sikap dan aktivitas peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD. NEGERI 101230 SABABANGUN yang berjumlah 19 orang. Peningkatkan hasil belajar peserta didik dapat diukur dari evaluasi siklus I, dan siklus II. Dengan nilai aktivitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 83,33% dan siklus II 95,83%. Sedangkan peningkatan hasil belajar peserta didik dapat diukur dari setiap siklusnya, hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 55% dengan kategori “Rendah” Dan hasil belajar peserta didik pada siklus II sebesar 77% dengan kategori “Tinggi”. Kesimpulan dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada subtema Perkembangan teknologi produksi sandang di kelas III SD. NEGERI 101230 SABABANGUN.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MathEdu

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam jurnal ini adalah sebagai berikut: Model Pembelajaran Matematika, Media dan Multimedia Pembelajaran Matematika, Kurikulum dalam Pendidikan Matematika, Penilaian (Assesment) dan Evaluasi dalam Pendidikan Matematika, Pengembangan Profesional ...