Jurnal Kelautan Nasional
Vol 17, No 1 (2022): APRIL

Pengukuran dan Analisis Nilai Volume Backscattering Strength Perairan Pulau Tidung Menggunakan Single Beam Echosounder

M. Hasbi Sidqi Alajuri (Program Studi Teknologi Kelautan Sekolah Pascasarjana IPB University, Bogor)
Henry M. Manik (Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor, Bogor)
Sri Pujiyati (Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2022

Abstract

Pulau Tidung merupakan gugusan pulau kecil yang terletak di Kepulauan Seribu Selatan yang memiliki potensi perikanan yang cukup baik. Komposisi hasil tangkapan jaring muroami di Kepulauan Seribu yang mewakili perairan Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI 712) Laut Jawa pada tahun 2007 didominasi oleh ikan ekor kuning (Caesio cuning). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sebaran spasial dan vertikal nilai Volume Backscattering Strength (SV) dan sebaran spasial densitas Ikan di perairan Pulau Tidung. Survei ini dilakukan untuk memberikan gambaran informasi perikanan di perairan tersebut. Pengambilan data dilakukan sepanjang cruise track dan di 13 stasiun dengan menggunakan instrumen single beam echosounder SIMRAD EK-15 200 kHz. Analisis data dilakukan menggunakan software echoview 4.0 dengan threshold -60 dB re 1μPa sampai -39 dB re 1μPa dan ESDU (Elementary Sampling Distance Unit) 50 ping serta ketebalan 1 m. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa nilai SV secara spasial dari (-59.70 dB re 1μPa sampai -49.40 dB re 1μPa). Pada 13 stasiun pemeruman data akustik diperoleh nilai SV dari (-57.82 dB re 1μPa sampai -54.01dB re 1μPa) dengan nilai densitas ikan antara 0.81 – 6.17 ekor/m3. Sebaran SV dan densitas ikan ini dipengaruhi oleh kedalaman perairan dan aktivitas warga setempat. Sedangkan, sebaran SV ikan damersal dipengaruhi oleh jenis sedimen dasar perairan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkn

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Environmental Science

Description

Jurnal Kelautan Nasional (JKN) ISSN 1907-767X, e-ISSN 2615-4579 adalah jurnal yang diterbitkan oleh Pusat Riset Kelautan, Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (BRSDM), Kementerian Kelautan dan Perikanan. Pusat Riset Kelautan (Pusriskel) adalah nomenklatur baru, sejak tahun 2017, untuk Pusat ...