Abdi Psikonomi
Vol 2, No 4 (2021): Desember 2021

Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Jamur Tiram Dimasa Pandemi Covid-19 Pada UMKM Gading Sukowati, Sragen

Suranto Suranto (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Ambarwati Ambarwati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Suparti Suparti (Universitas Muhammad Surakarta)
Aan Sofyan (Univesitas Muhammadiyah Surakarta)
Lina Agustina (Unknown)
Shella Salsa Bella (Unknown)
Desy Evi Oktaviana (Unknown)
Adam Pri Afandi (Unknown)
Lovina Rizki Haya (Unknown)
Thoha Syaifudin Zuhri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Kondisi pandemi covid-19, menyebabkan beberapa usaha kecil menengah yang ada di masyarakat mengalami kelumpuhan, tak terkecuali UKM kelompok jamur di Plumbon Sambungmacan Sragen. Oleh karena itu, tim pengabdian masyarakat dari Universitas Muhammadiyah Surakarta melakukan kegiatan pengabdian bagi kelompok petani jamur dengan tujuan perbaikan pengemasan dan pelatihan digitalisasi marketing. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemasaran secara online produk jamur tiram di masa pandemi covid-19. Sebagai Mitra pada pengabdian masyarakat ini adalah kelompok petani jamur yang tergabung dalam UMKM Gading Sukowati yang terdiri dari 20 orang anggota. Kegiatan pendampingan pengemasan dan pelatihan digital marketing dilakukan pada Tanggal 18 desember 2021. Langkah dalam kegiatan ini meliputi: pemesanan plastik dan stiker untuk packing produk, pembuatan akun intragram, pembuatan akun facebook serta akun shopee bagi UMKM Gading Sukowati dan pelatihan digital marketing bagi anggota kelompok petani jamur. Hasil dari kegiatan ini didapatkan pengemasan produk olahan jamur yang lebih bagus dan menarik serta diperolehnya akun instagram, facebook dan akun shopee bagi UMKM Gading Sukowati. Pada kegiatan ini juga dihibahkan sebuah lap top untuk mendukung dan melancarkan pemasaran produk secara online. Dengan kegiatan ini diharapkan produk jamur dari UMKM Gading Sukowati Sragen dapat lebih dikenal masyarakat luas dan meningkat pemasarannya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

abdipsikonomi

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance

Description

Abdi Psikonomi is a scientific journal managed by Lembaga Pengabdian Masyarakat dan Pengembangan Persyarikatan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia. The journal focuses its attention on a wide range of topics including psychology, management, accounting, economics, and Islamic. The aim of ...