Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA
Vol 5 No 1 (2022): Januari - Maret

Pendampingan Kegiatan Belajar Nonformal pada Siswa-Siswi di Desa Sedau Narmada Lombok Barat

Aidal Fitri (Unknown)
Alfira Rosalia (Unknown)
Kurnia Anggriani (Unknown)
Sania Zamira (Unknown)
Kusmiyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2022

Abstract

Tujuan pendampingan belajar non-formal di posko KKN yang terletak di Dusun Paok Gading Desa Sedau adalah untuk membantu siswa dalam melakukan kegiatan belajar. Kegiatan ini dilakukan dari bulan November-Desember 2021. Pelaksanaan kegiatan ini melalui beberapa tahapan yaitu 1). Memotivasi siswa siswi; 2). Menyampaikan gambaran umum materi yang akan diajarkan; 3). Ceramah; 4). Tanya jawab; 5). Permainan berupa kuis; 6). Pemberian hadiah (reward). Kegiatan pendampingan belajar pada masyarakat mendapat sambutan positif dari pihak orang tua, dengan memberikan ijin putra putrinya mengikuti kegiatan, terlihat banyak siswa yang hadir setiap ada jadwal belajar di posko KKN. Selama kegiatan, siswa yang hadir mengikuti dari awal hingga akhir. Pihak sekolah juga menyambut positip karena kegiatan pendampingan belajar siswa ini sesuai dengan kebutuhan mereka dan memotivasi siswa agar lebih bersemangat dalam belajar. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah : 1). Antusias siswa-siswi sangat tinggi dalam mengikuti proses pembelajara, terlihat dari banyaknya siswa-siswi yang hadir dalam setiap proses pembelajaran; 2).Semangat belajar siswa-siswi sangat tinggi, terlihat dari siswa-siswi yang sangat aktif saat proses pembelajaran

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmpi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA (JPMPI) |e-ISSN: 2655-5263| merupakan Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat dan penerapan Ipteks yang memuat publikasi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat, model atau konsep dan atau implementasinya dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat dalam ...