Manuju : Malahayati Nursing Journal
Vol 4, No 3 (2022): Volume 4 Nomor 3 2022

Hubungan Pola Asuh dan Pendidikan Ibu Dengan Status Gizi Anak Usia Toddler di Wilayah Gang Langgar Petogogan RW 03

Tri Soraya Dewi (Universitas Nasional)
Susanti Widiastuti (Universitas Nasional)
Diah Argarini (Universitas Nasional)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2022

Abstract

ABSTRACT Good parenting and maternal education can affect the relationship between the nutritional status of toddler age children, the results of a preliminary study conducted on 18 December 2021 related to the occurrence of malnutrition in children, in the Gang Langgar Petogogan area Rw 03 data obtained from the posyandu Rw 03 that there are 3 children who have less nutrition and 2 children who have more nutrition. To find out whether there is a relationship between parenting and mother's education with the nutritional status of toddler-age children in the Gang Langgar Petogogan area, RW 03. Research Methods Quantitative research with an analytical observational design, with a cross-sectional approach, with a sample of 50 respondents from the gang langgar petogogan RW 03 area. The research instrument consists of a parenting style questionnaire, a questionnaire on maternal education, and data from the posyandu on the nutritional status of the child. has been tested for validation and reliability with Cronbach's alpha coefficient value above 0.444. The data were analyzed by descriptive statistics to find out the mother's parenting and education patterns on the nutritional status of toddler-age children. The results showed that there was a relationship between parenting patterns and the nutritional status of toddlers (p<0.000) and mother's education with nutritional status of toddlers (p>0.000). There is a relationship between parenting style and nutritional status in the Petogogan Gang Rw 03 area. Keywords: parenting, mother's education, nutritional status of toddlers ABSTRAK Pola asuh dan pendidikan ibu yang baik bisa mempengaruhi hubungan anatara status gizi anak usia toddler, hasil Studi pendahuluan yang Dilakukan Pada tanggal 18 Desember 2021 berkaitan dengan terjadinya masalah gizi kurang pada anak, di wilayah  Gang Langgar Petogogan Rw 03 didaptakan data dari posyandu Rw 03  bahwa terdapat  anak yang mengalami gizi kurang sejumlah 3 anak dan anak yang memiliki gizi lebih sejumlah 2 orang.  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pola asuh dan pendidikan ibu dengan status gizi anak usia toddler di Wilayah Gang Langgar Petogogan RW 03. Metode penelitian yang digunkan penelitian kuantitatif dengan desain observasinal analitik, dengan pendekatan cross sectional, dengan sampel sejumlah 50 responden yang berasal dari wilayah gang langgar petogogan RW 03. Instrumen penelitian terdiri dari  kuesioner pola asuh, kuesioner pendidikan ibu, dan data dari posyandu status gizi anak tersebut telah diuji validasi dan reliabilitas dengan nilai koefifien Cronbach’s alpha Diatas 0,444. Data dianalisis dengan descriptive statistic untuk mengetahui pola asuh dan pendidikan ibu  terhadap status gizi anak usia toddler. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya hubungan pola asuh dengan status gizi anak usia toddler (p<0,000) dan pendidikan ibu dengan status gizi anak usia toddler (p>0,000). Adanya hubungan pola asuh dengan status gizi diwilayah gang langgar petogogan Rw 03. dan Pendidkan ibu dengan status gizi diwilayah gang langgar petogogan Rw 03. Kata kunci: pola asuh, pendidkan ibu, status gizi anak usia toddler

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

manuju

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

MANUJU : Malahayati Nursing Journal merupakan jurnal yang memiliki fokus utama pada hasil penelitian dan ilmu-ilmu di bidang kesehatan yang dikembangkan dengan pendekatan interdispliner dan multidisiplin. Proses penerimaan naskah selalu terbuka setiap waktu, naskah yang sudah disubmit oleh penulis ...