JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 3 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Pengembangan Kompetensi Pelayanan Publik ASN melalui Jalur Magang di Kabupaten Karawang

Tanjung, Rahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kompetensi pelayanan publik ASN melalui jalur magang di Kabupaten Karawang. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pelayanan publik merupakan salah satu hal yang banyak disorot oleh masyarakat, karena sering ada imej bahwa pelayanan publik yang dikelola oleh PNS ribet, berbelit-belit dan tidak efisien. Oleh karena itu, agar pelayanan publik dapat ditingkatkan, maka pegawai yang memberikan pelayanan tersebut perlu dibekali kompetensi yang cukup, khususnya di bidang pelayanan public. Pada dasarnya seorang ASN harus memiliki kompetensi yang cukup sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 dan UU Nomor 23 Tahun 2014. Pelayanan public merupakan salah satu unsur yang ada dalam kompetensi manajerial yang harus dimiliki oleh seorang PNS. Bahkan salah satu slogan atau employer branding ASN yang telah ditetapkan oleh pemerintah adalah "Bangga Melayani Bangsa", dimana ASN atau PNS dituntut untuk dapat memberikan pelayanan publik yang terbaik kepada masyarakat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...