JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 3 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Pengaruh Implementasi Kebijakan Manajemen Sekolah dan Konsep Diri Guru terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan pada Sekolah Menengah Kejuruan Swasta di Kecamatan Pasar Kebo Jakarta Timur

Prasetiyo, Joko (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, terdapat pengaruh langsung positif Implementasi Kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan dapat diterima, hal ini dapat diketahui berdasarkan hasil Uji-t dengan taraf signifikansi 5% terlihat bahwa nilai thitung > nilai ttabel atau 3,32 > 1,645, maka H0 ditolak, Sedangkan dari hasil perhitungan Analisa Jalur diperoleh nilai p31 = 0,283 atau 0,283 > 0,05. Nilai ini memberikan informasi bahwa pengaruh yang terjadi adalah signifikan dengan tolak H0 dan diterima H1. Kedua, terdapat pengaruh langsung positif Konsep Diri Guru terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan dapat diterima, hal ini dapat diketahui dari hasil Uji-t bahwa dengan taraf signifkan 5% diperoleh nilai thitung > nilai ttabel atau 5,978 > 1,645, maka H0 ditolak artinya koefisien korelasi signifikan, dengan hasil perhitungan analisa jalur diperoleh nilai p32 = 0,506 artinya bahwa pengaruh yang terjadi adalah signifikan dengan kesimpulan tolak H0 dan terima H1, Ketiga, terdapat pengaruh positif Implementasi Kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Konsep Diri Guru dapat diterima, hal ini dapat diketahui dengan Uji-t bahwa dengan taraf signifkan 5% diperoleh nilai thitung > nilai ttabel atau 6,64 > 1,645, maka H0 ditolak artinya koefisien korelasi signifikan atau dapat dikatakan bahwa Implementasi Kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah benar-benar berpengaruh secara signifikan terhadap Konsep Diri Guru. Sedangkan dari hasil perhitungan analisa jalur diperoleh nilai p21 = 0,480 atau 0,480 > 0,05 artinya bahwa pengaruh yang terjadi adalah signifikan dengan kesimpulan tolak H0 dan terima H1.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...